Friday, February 9, 2018

Lamaran - Sangjit - Tunangan, Apa Bedanya?

Mungkin Anda sering mendengar ketiga istilah tersebut:
LAMARAN - SANGJIT - TUNANGAN

Namun sebenarnya, apa sih perbedaan nya?

Setelah Anda selesai membaca artikel ini, silahkan tinggalkan review mengenai artikel ini di kolom comment. Anda juga dapat menyampaikan pertanyaan atau masukan, apabila ada hal - hal yang kurang jelas dalam artikel ini!

SELAMAT MEMBACA!

LAMARAN dan SANGJIT

Proses Lamaran adalah proses awal dari seluruh rangkaian menuju hari Pernikahan ini.

Di Zaman NOW, Lamaran ini biasanya diawali dengan perkataan WILL YOU MARRY ME, dari Calon Mempelai Pria (CMP) kepada Calon Mempelai Wanita (CMW). Momen ini pun biasanya dikemas dalam suasana yang romantis, dan sedikit kejutan disana - sini.

Namun untuk resminya, Lamaran biasanya dilakukan ketika ada kesepakatan untuk menikahkan CMP dan CMW dan kemudian dilanjutkan dengan acara Sangjit.

Untuk lebih jelasnya mengenai Lamaran dan Sangjit, Anda bisa membacanya di artikel kami sebelumnya.

Apa itu Lamaran dan Sangjit? ( silahkan klik link di samping )

Lalu, apa itu tunangan?

Tunangan biasanya sebuah acara untuk menegaskan hubungan yang selama ini sudah terjalin dan ada simbolisasi pengikatan berupa pemasangan Cincin Tunangan ( Engagement Ring ) di jari manis KIRI CMW ( Jari Manis Kanan untuk pemasangan Wedding Ring )

Lalu, apa fungsinya dilakukan acara Tunangan?

Ada beberapa alasan yang mendasari, kenapa dilakukan acara Tunangan:

  1. Salah satu dari Calon Mempelai berada di Luar Kota atau di Luar Negeri, sehingga untuk meyakinkan bahwa ada keseriusan untuk melangsungkan pernikahan, maka dilakukan terlebih dahulu acara TUNANGAN
  2. Alasan yang kedua adalah alasan yang paling sering terjadi di kalangan orang Tiong Hoa. Dilakukan nya acara TUNANGAN adalah karena PERNIKAHAN Calon Pengantin akan dilakukan di tempat yang jauh ( di Bali, misalnya ) dan mungkin tidak dapat mengundang atau mengajak seluruh relasi atau kerabat, sehingga dibuat terlebih dahulu acara Pernikahan Pendahuluan. Namun karena TIDAK BOLEH menikah 2x, maka dibuat lah acara TUNANGAN.
  3. Alasan nomer 3 juga sering dilakukan oleh orang Tiong Hoa, yaitu ketika CMW mendapatkan pasangan (CMP) yang merupakan orang berbeda kota, sehingga CMP selaku Tuan Rumah akan menggelar resepsi di kota asal CMP, bukan di kota asal CMW. Pada kasus ini, biasanya CMW yang akan menggelar acara resepsi di kota asal CMW, dan CMW yang bertindak selaku Tuan Rumah.
Dalam poin nomer 2 atau 3, biasanya acara TUNANGAN digelar seperti hal nya acara Pernikahan, tetap menggunakan gaun hanya saja, CMW TIDAK menggunakan Gaun berwarna PUTIH, layaknya pernikahan.

Apa saja acara yang harus digelar di Resepsi Pertunangan?


Bagi kami, selaku Forentrie Wedding Planner, acara Tunangan dengan alasan seperti no 2 dan 3 seharusnya digelar seperti halnya Pernikahan, dan TIDAK ada perbedaan dengan pernikahan.

Yang membedakan adalah:
1. Kedua Calon Pengantin masih diapit oleh orang tua masing - masing
2. CMW tidak menggunakan gaun putih
3. Wedding Kiss hanya cium kening atau pipi
4. Pemotongan kue tidak dipotong semua nya

Demikian informasi singkat mengenai TUNANGAN.

Apabila ada informasi tambahan, silahkan ditambahkan di comment.

Mudah - mudahan bermanfaat...



Salam,



No comments:

Post a Comment

Lucky Date 2022

Pandemi COVID 19 yang terjadi di tahun 2020, masih berdampak hingga tulisan ini di upload. Semua orang tentunya selalu berharap tahun 2021 a...